Apa Saja Yang Terdapat Dalam Air Laut

Air laut itu asin, iya, karena ada garamnya... Garam Dapur. ia itu kan NaCl. Terus...?. Begini Penjelasannya....
Air laut adalah air dari laut atau samudera (ia
lah..). Air laut memiliki kadar garam rata-rata 3,5%. Artinya dalam 1 liter (1000 mL) air laut terdapat 35 gram garam (terutama, namun tidak seluruhnya, garam dapur/NaCl).
Walaupun kebanyakan air laut di dunia memiliki kadar garam sekitar 3,5 %, air laut juga berbeda-beda kandungan garamnya. Yang paling tawar adalah di timur Teluk Finlandia dan di utara Teluk Bothnia,
keduanya bagian dari Laut Baltik. Yang paling asin adalah di Laut Merah, di mana suhu tinggi dan sirkulasi terbatas membuat penguapan tinggi dan sedikit masukan air dari sungai-sungai. Kadar garam di beberapa danau dapat lebih tinggi lagi.

Air laut memiliki kadar garam karena bumi dipenuhi dengan garam mineral yang terdapat di dalam batu-batuan dan tanah. Contohnya natrium, kalium, kalsium, dll. Apabila air sungai mengalir ke lautan, air tersebut membawa garam. Ombak laut yang memukul pantai juga dapat menghasilkan garam yang terdapat pada batu-batuan. Lama-kelamaan air laut menjadi asin karena banyak mengandung garam. Air tawar lebih ringan dari air asin.

Senyawa Natrium Klorida

Natrium klorida, juga dikenal dengan garam dapur, atau halit, adalah senyawa kimia dengan rumus molekul NaCl. Senyawa ini adalah garam yang paling memengaruhi salinitas laut dan cairan ekstraselular pada banyak organisme multiselular. Sebagai komponen utama pada garam dapur, natrium klorida sering digunakan sebagai bumbu dan pengawet makanan.


Sifat NaCl

1.     Keadaan fisik dan penampilan  : Solid. (Bubuk kristal padat.)
2.     Rasanya: Asin.
3.     Berat Molekul: 58,44 g / mol
4.     Warna: Putih.
5.     pH (1% soln / air): Netral 7
6.     Titik Didih : 1413 ° C (2575,4 ° F)
7.     Melting Point : 801 ° C (1473,8 ° F)
8.     Spesifik Gravity: 2.165 (Air = 1)
9.     Properti Dispersi: Lihat kelarutan dalam air.
Kelarutan: Mudah larut dalam air dingin, air panas. Larut dalam gliserol, dan amonia. Sangat sedikit larut dalam alkohol. tidak larut dalam Asam klorida

Untuk menjadikan air tawar, berarti kita harus menghilangkan komponen tersebut. Bahkan kita bisa mengambil komponen apa yang diperlukan. Seperti kita ingin klorin, berarti kita mengambil senyawa cl2 dari dalam air laut. Dan akan kita bahas di penulisan berikutnya. Selamat membaca!

No comments:

Post a Comment